Apa itu Ngemong ?

Mau sedikit curhat, boleh la…. terlintas dikepala saya artian kata, ngemong ? lebih tepatnya kalimat “saya bukanlah tipikal orang yang ngemong ?” dan akibatnya jadi salah paham, karna arti dari pemahaman tentang ngemong itu apa ?

Itulah pertanyaan dan misteri terbesar yang belum terjawab, sudah sih setelah denger pendapatnya mba dew, tapi masih belum yakin, makanya saya curhat saja ke pembaca blog ini, siapa tau ada saran yang baik untuk saya, karna sehari hari akibat masalah ini membawa saya kedalam masalah yang ngga jelas, dan ruwet, sampe sampe masa masa kemarin jadi permasalahan besar yang selama ini di diamkan, akibat nya ? gw jadi ilfil abis! **cieh bahasanya** gimana ga pusing, karena kata ini, tiba tiba terangkat lah sebuah masalah dimasa lalu, padahal dulunya itu bukan masalah, lah kalo udah gini kan repot….. masalah dimasa lalu, di bahas sekarang…… telat bung!!! kemana aja kemaren ??? its make me pissed off banget…

dan semakin curious dengan kata NGEMONG dan TERPUSAT ini…

Oke, pendapat pertama tentang ngemong itu adalah ngemanjain / memberi perhatian lebih / kasih sayang, jadi ngemong = ngemanja ? bener ngga tu ? kalau misalnya ada kalimat saya bukanlah tipikal orang yang ngemong ? berarti itu artinya saya adalah tipikal orang yang ngga suka ngemanjain sang pacar ?, terus terang saya kurang suka dengan artian ini, ntah kenapa ini terlintas di beberapa benak sang wanita.

Lalu kalau ngemong itu adalah ngemanja, so lantas apa yang saya harus lakukan untuk “ngemanja” in seseorang ? memberi hadiah ? membelikan kejutan ? mengirimkan sms puisi selamat tidur ? bercerita ? mendengarkan keluh kesah ? mijitin ? ikut bantu beres beres rumah, seperti nyapu, ngepel, nyuci baju, nyetrika ? ato kalo perlu jadi PRT nya aja sekalian ? apakah itu yang dibilang ngemong ?

dan apa itu yang mereka mau ? all of that is already done! except PRT things! *for me* dan kalau memang ngemong itu artinya adalah ini, maka aku harus merubah persepsiku tentang ngemong dari nilai perspektif yang lain.

Pendapat kedua tentang ngemong, ngemong adalah mendidik / menjadi panutan / memberi contoh dan mengajari, jadi ngemong = mendidik ? gimana dengan ini ?, nah ini adalah pendapat saya, jadi kalau ada orang yang bilang “saya adalah orang yang ngga bisa ngemong” maka tentu saja saya ngerasa kecewa, karna saya ngga bisa mendidik seseorang dan tentu saja itu harus saya perbaiki bukan ? what a big mistake for me…… dan lebih parahnya lagi apalagi kalo saya ngga nyadar akan hal ini, nah masalahnya adalah, saya sadar dan saya mengetahui apa saja yang sudah saya lakukan, jadi sebagian otak dan hati ini agak sedikit berontak dan berkata… “ni orang asal ngomong apa beneran ya ?

Lalu kalau ngemong itu adalah mendidik, lantas apa yang harus saya lakukan untuk mendidik seseorang ? otomatis, ngajarin (memberi pandangan / arahan), ngingetin ( hal hal yang tidak baik, baik untuk kesehatan, jiwa dan raga), manyun ( kalau sudah di ingetin tetep aja bawel), omelin (tadi dah di ingetin sekarang baru nyesel), marahin ( udah di ingetin berkali kali masiiihh aja) ? jadi kalau saya selalu melakukan hal ini terhadap teman dekat atau pacar saya apakah saya sudah “ngemong” ????

So, jadi ngemong itu yang mana ? ngga bisa juga kedua duanya kan ? saya butuh jawaban yang kongkrit tentang ngemong ini, udah gugling dan wiking ora ono arti bahasa jawa tentang ngemong ini apa……. bingung aku, kalo si A ngomong ngemong, nanti aku nangkep nya lain…. xixixi mending kita ucapkan SUMPAH PEMUDA AJA YAH!!

BERBAHASA SATU BAHASA INDONESIA!

23 thoughts on “Apa itu Ngemong ?”

  1. ngemong, stahu saya itu kata dari bahasa Jawa yang diserap ke bahasa Indonesia..

    kadang ada kata-kata dalama bahasa Jawa (dan juga daerah lainnya) yang tidak dapat diartikan begitu saja dalam bahasa Indonesia.. dan di situlah keunikannya..

    kalo mau dicari artinya, susah kang.. dilihat di KBBI pun belum tentu menjawab rasa kurius antum.. *halah*

    kalo menurutku sih, ngemong ya ngemong. bukan mendidik, bukan mengajari, bukan memanjakan, ya pokoke gitu lah..

    halah, sebuah komentar yang ndak menjawab pertanyaan..

  2. kalo menurut gua, ngemong itu lebih ke arah sifat mengarahkan atau memberikan jalan. Contohnya kalo pacar gua lagi bingung dengan masalahnya, gua sebagai pacar yang ngemong, bisa mengarahkan bagaimana cara pemecahan masalahnya. Atau kalo misalnya lagi main ke Dufan rame-rame ama temen2 yang dah punya anak, nah kalo ortunya main, anak-anak musti dijagain, kalo bisa ampe gak rewel anak2nya, berarti mungkin jiwa ngemongnya udah gede. :P yah itu sih menurut my humble opinion.

  3. Kalo yang aku tau..
    ngemong itu artinya..mendidik dan menjaga seseorang tanpa memanjakannya terlalu berlebihan tapi tetap perhatian.

    ^^V

    aku pribadi sbg seorg perempuan..lbh suka diperhatiin drpd dimanjain.. ;))

  4. ngemong itu dewasa dlm pikiran dan perbuatan (bukan banyak omong)

    mengerti, tapi sedikit bicara.. lebih banyak bekerja

    ..kali ya?

    tapi, ngemong jg si tergantung sapa yng menilai
    Ngemongnya. kan dia yng ngerasain ni anak ngemong apa engga..ngemongnya dmana? trus apa yng diemongin emng bener apa sok tau..

    pokoknya mah ngemong ama ngomong beda tipis la fael

    :)

  5. Wah Bang Raffa membuat pusing nich :D

    Ngemong…iya seperti terdengar sepele tapi apa makna sebenarnya.

    Ngemong mungkin bukan sepenuhnya mendidik, tetapi menurut saya pribadi ngemong merupakan perpaduan dari mengasuh, mendidik dan membimbing.

  6. Masih bingung yah? xixi… Klo gw terawang… ciyehhh… lu orangnya ngemong kok Raf, even umur lu masih muda tp pikiran lu dewasa. Itu kan salah satu ciri orang ngemong, berpikiran dewasa. Klo kekanakan mana bisa ngemong.. :)

  7. xixixi wah seru nih..

    menurutku c, cowo’ tu kudu perlu belajar dikittt ajah… tuk ngerti, sebenerna apa c yg disukain atw dibutuhin ma cew..

    apalagi empunya blog ini khan termasuk org yg… *pinter** so pasti ada lah cara buat searching “ilmu what a girl wants…” :D

    m.. maunya dimanjain trs ?? ga mesti..
    cewe jg suka kog diajari bwt mandiri,
    tergantung caranya aja,,

    klo aq sendiri, aku suka kalo diberi bimbingan, diarahkan untuk jdi yg lebih baik, gak dibiarin gak jelas kalo aku ternyata ada buat salah, pokmen..

    sukalah akunya klo diingetin, tp bkn didoktrin krn cew khan jg pny hak untuk berpendapat…

    hehe… gitu aja dari aku

  8. ngemong ?? makanan apa itu kk ?? enak ngaa ??

    pusink dah ngomongin arti tu kata gw tanya ama temen2 gw yg cewe aja pada njawab beda semoa, nah loo sapa yg nda puyeng >.

  9. Ngemong… apa ya? Sabar kayaknya… Sabar dan tenang… Yang di dalamnya memberi security dan comfort bagi yang di-emong (di-emong apa di-kemong sih?)

  10. ngemong kalo mnrt pengertian dan pemahaman vie mah gimana ya..lebih kepada bisa mengerti dan memahami org lain gitu lohh…jd kalo punya pacar yang bisa ‘ngemong’ ya artinya punya pacar yang bisa mengerti dan memahami (dlm hal ini kemauan dan keinginan ) kita…xixixxi…paling engga mengertinya sampai 80% lah itu bs disebut ngemong.
    Gitu kali ya Raf? vie suka takjub sih soalnya dengan pengertian rafael ttg suatu istilah..xixixixi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>