27

Benarkah tarif Air Asia itu murah ?

Kali ini Air Asia mencoba menutupi beberapa hole pemasukan duit nya, seperti yang beredar di surat kabar kalau mulai per tanggal 21 April ini akan mengenakan biaya untuk bagasi yang di limit 15KG nya dengan prinsip Lighter Planes = Less Fuel = Low Fares, jadi semakin ringan beban yang kita bawa akan semakin ringan biaya Fuel Surcharge Pesawat karena pembakaran minyak pesawat bisa berkurang, jadi dengan begitu nantinya Air Asia mengharapkan agar kita membawa barang “yang perlu perlu saja” karena kalau tidak, kita akan dikenai biaya / koper nya yang di masukan bagasi di bawah 15KG itu sebesar 5RM atau 3RM kalau order online.

Jadi bisa kita perhitungkan kalau kita membawa barang yang dimasukan bagasi sebanyak 2 tas, maka kita akan kena charge 10RM, tentu saja ini adalah hal yang lucu, sebuah penerbangan yang dikatakan paling murah (murah darimana coba ?) kalau di hitung kasar ibarat nya penerbangan lain membayar Full Featured dan kita langsung mendapatkan berbagai macam fasilitas nya, sedangkan Air Asia menggunakan trik bayar yang kita perlu perlu saja tapi yang musti di bayar nya itu keterlaluan juga sih, misalnya

  • Mau ngantri dan dapat tempat duduk duluan
  • Mau makan harus beli di pesawat Air Asia
  • Mau Asuransi khusus
  • Bayar bensin
  • Bayar administrasi
  • Bayar tiket
  • Bayar Bagasi ( ini yang terbaru )

Dari situ ada juga beberapa hal negatif yang ngga bisa kita dapatkan seperti:

  • Biaya penggantian jadwal yang murah
  • Refund ticket ( noo Air Asia no Refund )

Selain itu ada juga pengalaman pribadi saya sewaktu kemarin mengalami kejadian yang cukup pahit dengan GO Insurance Air Asia nya, yang di salah satu list policy nya kalau kita kena delay kita bisa claim, waktu itu saya berangkat jam 9 malam di delay sampai jam 2 pagi, kalau saya hitung hitung policy nya saya bisa dapat uang yang lumayan dari situ, ya maklum lah, saya kan menunggu lama, namun sayang, Air Asia dan AIG Insurance sepertinya tidak serius menangani hal semacam ini, kalau menjual policy insurance getol sekali, giliran mau claim sudah 2 bulan belum keluar keluar claim nya, saya sengaja tidak menelfon ke CS nya langsung karena saya juga mau mellihat performance nya Air Asia dan GO Insurance nya, ternyata itu cuman bullshit!

Mengenai biaya bagasi ini katanya akan menghemat Fuel Surcharge, kalau begitu harga Fuel Surcharge nya jadi turun dong seharusnya ?? nah kalau Air Asia menetapkan harga Fuel Surcharge, dan menambah biaya Bagasi ini, berarti ini cuman Keuntungan buat Air Asia saja, ujung ujung nya total biaya yang kita keluarkan untuk penerbangan di kelas Low Cost Carier itu sama saja seperti standar penerbangan di pesawat biasa, jadi yang perlu kita tanyakan Dimana Low Cost Carrier nya ??

Kalau boleh di katakan, bisa jadi nantinya nya Air Asia juga akan mencanangkan penambahan biaya untuk:

  • Biaya bernafas harus bayar di pesawat Air Asia dengan alasan semakin jarang kita bernapas semakin sedikit kerja air cycle machine kapal yang artinya less fuel.
  • Biaya untuk ke toilet, bisa jadi nantinya kalo mau pipis di pesawat harus masukin koin dulu gitu ?
  • Ketika pesawat dalam keadaan darurat, kita harus bayar dulu untuk menggunakan peralatan pernafasan, dan pelampung air dan semuanya itu non refundable.
  • Biaya sewa Tangga untuk turun pesawat
  • dan lainya deh.

Jadi menurut saya, Air Asia itu Murah, kalau kita pergi tampa membawa apa apa, cuman tas kecil doang atau tentengan kecil saja, sementara harganya akan gak jauh beda dengan pesawat lainya seperti KLM, Eltihad, dkk kalau kita ada barang bawaan, dan penerbangan juga makan waktu lama kemungkinan kita akan lapar di pesawat.

Selama ini saya selalu menggunakan Air Asia dengan prinsip nomer 1, ngga bawa apa apa, kalau ada bagasi pun isinya gak lebih dari 10KG, dan selain itu penerbangan Air Asia juga waktunya lebih bisa diatur daripada dengan pesawat lainya karena dalam 1 hari ada banyak penerbangan dari Air Asia ke Indonesia, dan karena 1 hal non sense ini ditambah dengan asuransi saya yang gak jelas dan gak kelar maka saya kecewa dengan Air Asia and start complaining about this bullshit service.

qzplxBenarkah tarif Air Asia itu murah ?

Comments 27

  1. irrrr

    hihihi….
    lucu juga ngebayangin dalam kondisi darurat, trus si penumpang ga bayar biaya alat keselamatan.

    penumpang : mba..mba.. saya mana mba… ::megap2 mulai keabisan oksigen::
    pramugari : lah, kan bapak ga bayar untuk biaya daruratnya, yaudah mati aja sana…
    penumpang : ()(&(&#&&)@&)$*_

  2. AdityaWirawan

    Wahh.. berdomisili di KL juga ya. Ini blog yang pernah saya kunjungin juga kan?

    Terima kasih ya, info bagasinya itu. Saya baru tau. Soalnya terakhir pulang itu bulan desember, dan belum diberlakukan.

    Selain yang mas sebutin di atas. Yang saya kurang suka juga adalah prinsip LCCT nya. Ga nyaman bgt tuk nunggu pesawat. Kayak nunggu kereta api atau bus aja, bener g? sumpek gitu. Mending kayak dulu, masih di KLIA, keren.

    Low cost sih low cost, tapi pelanggan jangan di kecewain.

  3. Post
    Author
    qzplx

    @irrrr: kalau sampai itu terjadi, the best bisa jadi the worst tuh, wahahaha

    @AdityaWirawan: Iya nih, kita sedang berdomisili di KL, kopdar maw ?

    @Jane: Iyah, semakin ringan, semakin irit pembakaran pesawat

    @Ojat: cuman masalahnya KLM itu jadwalnya cuman 1x aja…. hiks

  4. Rafael

    ya ampun..

    kalo sempat ada peraturan dimana kita harus bayar pada saat naik dan turun tangga…de el el…bisa bangkrut duluan kita…..

  5. Juminten

    duh, baru aja mau ke Bali pake Air Asia.
    jd mikir2 lg, deh… :(
    selama ini belum pernah nyoba pake Air Asia, sih.
    ga yakin jg dgn harga segitu bisa bener2 “puas”. :P

  6. Tiara

    raffaell wrote:
    Selain itu ada juga pengalaman pribadi saya sewaktu kemarin mengalami kejadian yang cukup pahit dengan GO Insurance Air Asia nya, yang di salah satu list policy nya kalau kita kena delay kita bisa claim, waktu itu saya berangkat jam 9 malam di delay sampai jam 2 pagi

    => kayaknya kenal nih sama yang punya pengalaman delay air asia sampe jam 2 pagi di LCCT ;) tapi ga rugi juga kan delay, jadi kenal sama rombongan ancur!! hehe..
    pa kabar fael? masih inget gw? ^_^

  7. ame

    wah.. mungkin anda ga terlalu paham konsep low cost carier.. wajar aja ada penambahan untuk biaya bagasi.. mereka berusaha melakukan seminim mungkin biaya dan penegluaranya.kalo mau dapet full service..anda bisa pake air lines yang menyediakan full service kaya garuda.
    dari pembelian tiket saja anda seharusnya udah bisa menyimpulkan donk.. tiket yang berupa kertas print-an bisa dijadikan tiket. kalo mau bawaanya banyak ya emang harus bayar lebih.. coba bandingin ama airlines lain yang notaben nya sama2 low cost!! sama saja. bahkan air asia leboh baik.. tingkat keselamatan penumpang terjamin.. kalo masalah delay. mereka berani begitu karna menjaga keselamatan penumpang.. kalo masalah kompensasi yang anda maksud ya mungkin itu satu dari sedikit kesalahan air asia. intinyakalo mau dapet more services anda bisa coba airlines lain……. kebetulan saya tertarik sama maskapai ini.. karena prospeknya bagus.. tujuan ke depannya sangat jelas.. thx

  8. gilbert

    Selisih berapa sih air asia sama penerbangan lain ? Tau enggak ya boss air asia apa yg kita ngomongin ? Tolong di jawab ya !!!!!

  9. Nana

    gue krja di trvl….
    pernah nyoba air asia wkt ke batam…and servicenya ancur emank
    jd gw jg ogah jualan tiketnya di trvl gw
    wekekekeke….
    murah apaan….klo nyawa qta jg di obral dsana…..

  10. lisa

    kata sapa air asia itu murah, itu mah iklan aje kali, udah pelayannya buruk, nyebelin lagi, masa belum telat cek in-ada waktu 1/4 jam lagi katanya tikletnya hangus, giliran kita delai ampe 3 jam diam2 aje,

  11. VanLang said

    Lucu2 ceritanya. Emang berengsek air asia. Sialan.Saya bli tiket ke medan dengan harga 1,4 di bandara. Saya telat dtg, masa saya harus bli tket dengan harga tertinggi yaitu 1,8 jt? Lucu bgt c. Maskapai yg lain jg ga gthu.

  12. ulil

    gilaa…berarti ga beneran dung murahnya..padahal kita naek pesawat apalagi kaum hawa itu bawaanya segudang..klo gitu caranya mendingan ga deh..thx deh..tapi klo mau pergi tanpa bawa apa2..mungkin air asia jauh lebih ekonomis kali yach..

  13. Dody L A

    Sy dah lama tau tentang iklan murah air asia, tapi tdk berani nyoba naik air asia… sebabnya ya spt ini nih, hampir semua teman sy kecewa dg ketidak nyamanan terbang dengan air asia. yg tdk ngaku sepertinya juga malu cerita, karena setelah nyoba naik air asia satu kali, trus tdk pernah lagi mau naik air asia dengan berbagai alasan. Namun demikian air asia akan tetap ada konsumennya karena didunia ini banyak petualang yang suka menikmati berbagai kejutan yang memacu adrenalin hehehe….

  14. takeshi matsua

    lha ini yang dinamakan dikasih menu teri minta roti. Wong sudah tahu segmentasinya air asia bwt orang-orang yg milih penerbangan murah, dengan konsekuensi pemotongan fasilitas-fasilitas… kok ya tetep aja komplain.
    Tiap perusahaan kan punya strategi tertentu untuk mencapai tujuannya, termasuk siapa segmen yang dia ingin raih (tentu saja orang-orang yang menginginkan tarif murah, dan tidak terlalu peduli servis). Dan saya yakin, strategi mereka sangat jitu !

    So kalau memang punya duit dan tidak sedang cari pesawat murah, mending jangan berekspektasi banyak deh. Kan anda bisa naik garuda yg lebih ok ? Karena saya yakin, anda memang bukan segmen konsumen dari perusahaan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *