Guide Mengenai Biaya Hidup di Malaysia

Update

Latest Update 28-8-2014

Halaman ini akan selalu saya update berdasarkan situasi terkini di , Semoga diharapkan informasinya hingga saat ini akan tetap valid.

Update 26-8-2015:

  • Sewa rumah / single apartement 500 > 900
  • Sewa rumah Married / Keluarga 900 > 3000
  • Listrik / single 50 > 80
  • Listrik / Married 150 > 250
  • Air / single 20 > 30
  • Air / married 60 > 60
  • Kurs jadi rata rata kisaran 3500

Banyak temen yang pada takut kalau mau kerja ke Malaysia di karenakan banyak pertimbangan, selain , menjadi pertimbangan utama. Kebanyakan mereka bingung, dan ngga tau seberapa besar biaya hidup di Malaysia. Membahas soal biaya hidup tentu aja variatif, tapi kali ini aku coba mendokumentasikan mengenai biaya hidup di Malaysia ala Myraffaell (karena fact based on my own life).

Yang membuat kita ragu ketika kita ingin bekerja di luar negeri tentu saja mengenai biaya hidup, apa saja yang mahal, apa saja yang murah. Dan akhirnya kita sering mengurungkan niat kita, karena merasa gaji yang di tawarkan oleh perusahaan Malaysia itu sangatlah kurang mencukupi untuk biaya hidup yang belum kita ketahui seberapa banyak.

Membahas soal biaya hidup, tentu saja ini sangat variatif, tergantung bagaimana gaya hidup masing masing personal tentunya, mau single, mau doble, sama  saja. Intinya sebenarnya bukan seberapa banyak yang bisa kita dapat, tapi seberapa banyak yang bisa kita simpan, thats it.

Bicara soal Malaysia beberapa faktor biaya bulanan yang biasanya saya keluarkan (anggap aja uang mati).

  • Sewa tempat tinggal
  • Air & Listrik
  • Pulsa
  • Makan
  • Bensin / Transport
  • TV Kabel

Antara status single ama dobel, ngga beda jauh, perbedaanya terletak di biaya Sewa Condo, dan Makan aja, sedangkan yang lain ampir sama. Untuk menghitung berapa jumlahnya dalam Rupiah , gampangnya kalikan saja dengan Rp. 3500.

Tempat tinggal.

Untuk tempat tinggal, jika single tentu saja akan lebih murah, karena mereka bisa saling share biaya sewa dengan rekan rekan jombloers yang lain. Sedangkan untuk yang double (married) tentu saja mereka ingin memiliki tempat tinggal sendiri. Ada beberapa jenis tempat tinggal yang dapat di sewa di Malaysia, dan memiliki kisaran harga masing masing berdasarkan lokasi strategis. Misalnya kalau dekat stasiun LRT tentu harganya lebih mahal. Jenis jenis tempat tinggal yang dapat di sewa diantaranya:
  • Rumah, tentu saja bentuknya seperti rumah, biaya sewanya cenderung murah, namun kebanyakan rumah disini tidak ada gate security nya, hanya yang baru baru saja, sehingga keamanan nya untuk orang pendatang seperti kita agak beresiko, untuk sewa rumah sendiri biasanya mulai dari 1000 – 1500 yang memiliki standard diatas 3 kamar, dan bertingkat.
  • Flat, flat ini bentuknya seperti kontrakan (sepertinya sudah jarang ada sekarang). Dimana ruanganya sangat minimal sekali seperti, 1 ruang tamu, 1 kamar mandi, 1 dapur dan 1 kamar tidur, harga sewanya sekitar 300-800RM.
  • Apartment, apartment disini kalau di ini sama seperti rumah susun. Harga sewanya mulai dari 500 – 1000. Biasanya memiliki 2 kamar, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu, 1 dapur.
  • Condominium, sama seperti apartement, namum memiliki ruang yang lebih besar sedikit dan memiliki fasilitas umum seperti tempat fitnes/Gym, kolam renang, ruang baca, dan lainya. Biasanya memiliki 3 kamar tidur 2 kamar mandi 1 ruang tamu dan keluarga 1 dapur, dan 1 tempat cuci dan jemur. Harga sewa condo memiliki harga yang mirip dengan rumah, yaitu dari 900-2000RM keatas.

Air dan Listrik

Untuk air dan listrik memiliki harga yang bervariasi, entah kenapa, ini memang terjadi di Malaysia, penjelasanya kenapa aku sendiri ngga tau. Beberapa daerah seperti Selangor, memiliki air yang sangat sangat murah! karena untuk pemakaian 20.000m kubik masih gratis, lewat segitu baru bayar. Sementara penggunaan rumah sehari hari ngga sampai segitu. Ada teman yang memakai air sampai se boros boros nya, bayar bulanan nya hanya 12RM. Untuk daerah KL bayaran air biasanya mulai dari 30-50 RM (condominium).

Sementara untuk biaya listrik, cukup variatif juga, karena ada teman di daerah Selangor dengan konfigurasi rumah, 3 AC, 1 Mesin cuci, 1 Dryer, Kulkas, TV dan peralatan elektronik lainya dengan penggunaan normal bayaran listriknya hanya 230-280RM. Sementara di tempat saya KL bayaran listriknya dengan konfigurasi 1 AC, 2 Komputer + peralatan elektronik lain 175RM – 250RM (250 yang tertinggi yang pernah saya bayar).

Internet

Untuk penggunaan internet, dapat digolongkan dengan cukup murah, dimana banyaknya paket paket internet murah disediakan disini, mulai dari yang wireless hingga yang wired. Untuk yang wireless (3G dan ) biaya Internet mulai dari 60RM – 180RM dengan kecepatan dan spesifikasi masing masing. Untuk yang wired mulai dari 110RM – 250RM. Dulu aku pakai ADSL Streamyx 1Mbps dengan biaya 115RM (88RM internet + 27RM Telepon), sekarang baru upgrade ke Fibre optik 5Mbps dengan biaya 150RM.

Pulsa

Untuk masalah pulsa, hampir sama dengan di Indonesia, hanya saja kalau nelpon dari Malaysia ke Indonesia harganya cukup murah, dengan rata rata 1RM per menit nya. Untuk SMS dan lainya juga cukup murah, berbeda dikit dengan yang di Indonesia. Sedangkan untuk BB service yang termurah yang aku dapatkan ya operator DIGI 0.98sen per hari, full package. Aku sendiri biasanya ngabisin pulsa 60RM sebulan dengan perhitungan 30RM untuk BB dan 30RM untuk nelp dan lain lain, Max 100RM.

Makan

Biaya makan mungkin harganya agak beda dengan di Indonesia, apalagi kalau kita maen konversi Ringgit ke Rupiah untuk , ada yang mahal, ada juga yang murah. Contoh yang murah misalnya PIZZA HUT Super Supreme yang Large disini harganya 28RM, aku ngga tau di Indonesia berapa. luar sangat variatif harganya, tapi berdasarkan pengalaman di mana mana, biasanya harga makan diluar itu hampir sama dari jumlah digit nya. Misalnya makan nasi Padang di Jakarta starting nya Rp 7000 an, maka di Malaysia 7RM, di Inggris juga akan jadi 7£.

Kalau mau masak sendiri, maka akan lebih hemat, karena bahan baku disini banyak yang di subsidi pemerintah jadi harga bahan baku tergolong murah, misalnya cabe merah disini 11RM perkilo nya, Gula pasir halus 3.xx perkilonya, Daging juga memiliki harga perkilo yang cukup murah. Ayam harganya mulai dari 8RM per ekor dan seterusnya.

Bensin dan Transportasi

Dulu aku menggunakan LRT dan taxi sebagai sarana transportasi, transportasi disini cukup nyaman, tidak berdesakan, tidak pernah kecopetan, dan dingin pastinya :D. Untuk pengguna LRT, mereka bisa membayar abonemen bulanan sekitar 150RM dan kita dapat menikmati menggunakan LRT, BUS dan juga Monorail gratis selama satu bulan, (untuk detailnya dapat melihat website rapidKL.

TV Kabel/Pay TV

Untuk yang gila olah raga, tentu saja memerlukan TV kabel, untuk TV kabel sangatlah variatif, mulai dari 40RM hingga 150RM. Untuk channel Olahraga, Variety (seperti starTV), dan juga Education channel akan memakan biaya hingga 87RM (memang lebih mahal dibandingkan di Indonesia, namun masalahnya ini satu satunya TV Kabel di Malaysia)

Kalkulasi.

Untuk pengkalkulasian, maka kita dapat melihat tabel berikut.

Comments 231

  1. anita

    Mas raffa…..

    Maaf mau nanya dong, kmrn kakakku dpt tawaran kerja di johor bahru, untuk gaji 7000 rm dengan bawa istri dan 2 anak yg masih bersekolah di sekolah dasar, apakah cukup untuk hidup disana, FYI pihak perusahaan subsidi 500 buat sewa rumah, jawabannya ditunggu yah…..

    Regards
    Anita

    1. Post
      Author
  2. NINA

    salam saya orang malaysia.. for latest update harga sewa di malaysia sudah terlalu mahal b’coz of spekulasi, linked house single story around 1400 if you rent in kawasan elit the rate can go to 4000 or more but depends on area , doublestory 2200.. apartment also 1+++.00.. for link house juga ada guard not only apartment.. i stay in shah alam.. so gaji for frsh grad depend on company.. if multinational mahal la, .. 2500 for degree.. but in my company for fresh grad 2200 je.. but akan naik every year + benefit & allowance = 2500. ..

    Salam dari malaysia

  3. janti

    Hi Raffa,

    Saya rencana akan ditugaskan di KL. Mau tanya donk…ada gak organisasi untuk pekerja profesional dari Indonesia di KL? biasanya pertemuannya di mana ya?
    Thank you.

    Regards,
    Janti

    1. Post
      Author
  4. sari

    Hay Raffa
    Bisakah sy minta infonya untuk guide beserta tarifnya utk pusing2 di tempat2 wisata Malaysia (4 hari), kalau bs yg kelas backpackeran saja heheuu..dan renc nya bulan maret saya mau melancong ke Malaysia..ditunggu reply nya ya Raffa, Tq

    1. Post
      Author
      qzplx

      Hello Sary,

      Kalau guide untuk jalan jalan ada banyak kok di Malaysia, cuman tinggal pilih aja tema nya mau sight seeing atau mau shopping.
      Untuk biaya makan mungkin standar nya 25 – 30 rm sehari.
      Kalau bus ada yang free ada juga yang bayar (hop on hop off)
      Kalau transport train dan bis bisa diandalkan

  5. raiz

    Untuk biaya sekolah anak dari TK ke SD berapa?
    Berapa kira2 saving ke tabungan di Indonesia dg gaji min 5500USD hidup di Kuala Lumpur dg anak 2.
    Syarat jd WN Malaysia kalo uda kerja disana harus menetap berapa tahun???

    Makasih y

    1. Post
      Author
  6. kadi

    hello mas raffaell

    minta pencerahanya nih, saya dapat pekerjaan di daerah bintulu sarawak, sebagai electrical/electronic engineer pengalaman 1thn bekerja di manufacturing. saya ditawarkan dengan gaji 1980rm. apakah gaji segitu sudah cukup untuk hidup disana? dan apakah gaji segitu sudah standart disana? saya melihat beberapa blogger untuk posisi enginner itu kisaran 2500-3000rm.
    apakah gaji 1980 kekcilan yang ditawarkan??
    oh iya sebelumnya perusahaan menawar sekitar 1520rm.
    perusahaan ini baru merintis di thn desember 2014.
    bagaimana caranya saya membedakan perusahaan yang penipuan?

    segini dlu pertanyaanya.
    terimakasih mas :)

    1. Post
      Author
      qzplx

      Hello mas Kadi,

      Sorry baru reply. Untuk mencari perusahan penipuan atau tidak saya kurang tahu jelas nya, tapi kalau saya selalu cari di google dengan keyword “nama perusahaan review”
      Mengenai gaji, saya kurang pasti juga untuk engineer daerah serawak, tapi ada baiknya mas check di payscale.com untuk ngecek average gaji di KL untuk profesi mas.

      Semoga membantu,
      Salam,

    1. Post
      Author
  7. monica

    hay kak , aku besok siang berangkat ke KL nih buat survei lanjut kuliah disana , dan itu first bgt aku kesana , aku lanjut kuliah di universitas malaya , bisa minta info kak ? terimakasih kak . tolong dibales ya kak :)

    1. Post
      Author
  8. Dini

    salam kenal :-)
    Bagus banget blognya :-)

    boleh ikutan nanya?
    punya info utk skitar Universiti Teknologi Petronas, Perak?

    oiya, wa nya masih aktif kah?
    ato ada nomor kontak lain?

    Makasih banget untuk info-infonya…

  9. Tirta

    makasih share nya mas raffer…
    rencana mau kerja di sana pertengahan juni…hehe
    salam kenal semoga bisa ketemu…
    kerja di TPM saya, lg nyari tempat murah hahaha 😀

    1. Post
      Author
  10. vicka

    boleh info nggak kalau cari tempat kost/tempat tinggal di KL gimana ya? apa ada webnya kah? kalo ada…boleh dong dishare.

    thank you! :)

    1. Post
      Author
  11. aii juang

    allooo
    gua da rencana buat stay di msia,mau coba kul di university of malaya
    kira kira tau ga ya aprtmn dekat tuh kampus??minta info ya makasih…

    1. Post
      Author
      1. nina

        maaf mas rafael,
        saya nina, lulusan arsitektur UI, sudah hampir 3 thn bekerja di perusahaan bumn sebagai arsitek. saya sesang mencari info kerja di KL krn hendak mengikuti suami.
        mas punya kah info untuk kerja sebagai dosen atau menjadi asisten dosen di KL? dan sulitkah bagi saya untuk melamae hanya dengan ijazah s1? terimakasih.

      2. nina

        maaf mas rafael,
        saya nina, lulusan arsitektur UI, sudah hampir 3 thn bekerja di perusahaan bumn sebagai arsitek. saya sesang mencari info kerja di KL krn hendak mengikuti suami.
        mas punya kah info untuk kerja sebagai dosen atau menjadi asisten dosen di KL? dan sulitkah bagi saya untuk melamar hanya dengan ijazah s1? terimakasih.

      3. Post
        Author
  12. Mila

    mas rafa, saya rencanany akhir august ini akan ke selangor, malay, karena sudah diterima di program master by research di UPM
    Kalau untuk kerja part time, apakah bisa ya di malay?
    kira2 penghasilan untuk part time bisa ga utk cover biaya hidup?

    1. Post
      Author
  13. meii

    Hi Mas,

    Mau tanya nih, aku baru seminggu pindah k KL, mau tanya tentang common practice sewa menyewa disini, kebetulan dapet apartment yg housemate nya org Indo semua.

    Nah yg mau saya tanyain soal deposit, saya baca2 rata2 deposit itu refundable.. nah ternyata deposit yg saya bayar akan balik kalau saya nanti keluar dan dapet replacement baru dan si replacement nya ini bayar deposit ke saya.. ini karena urusannya ga langsung sama owner.. katanya emg begini dari penyewa sebelum2nya.. dan owner ga mau tau..

    apakah common practice nya sperti itu? deposit dibayar ke penyewa sblmnya atau ke koordinator nya dan akan balik kalo replacement baru ada..?

    atau mending saya cari tempat lain yg lebih jelas agreement nya?

    ditunggu sarany & advice nya ya mas.. hehehe
    thanks..

    1. Post
      Author
      Raffaell

      Defaultnya memang bayar deposit ke owner,

      Nah kadang ada owner yang flexible ngga mau transfer bolak balik, jadi nyuruh si tenant yang baru (kalau ada) deposit langsung ke tenant yang lama.
      Kalau tenant baru nya ga ada owner nya harus langsung bayar deposit ke kita, pas mau keluar, ngga nunggu datang tenant baru. Jadi liat di agreement nya.

      Kalo ngga ada klausul kaya gitu bisa kita sue owner nya, pasti menang.

      1. meii

        Idealnya bener gitu mas.. tp ini aku tanya agreement awal sama owner gmn.. si tenant yg skaligus koordinator uang sewa blg nya ga tau..krna dr sebelum2nya perpanjang terus.. jd nya kan ga srek ke saya nya.. no minimum stay..no agreement.. bahkan ac atau tv atau apapun yg rusak owner nya ga mau tau..

      2. Post
        Author
        Raffaell

        Biasanya kalau sambung kontrak begitu, owner nya udah ngga tau kontrak nya dengan siapa. Keuntungan nya harga bulanan nya ngga naik, kalau renew kontrak nya pake stamp duty lawyer dsb si owner nya biasanya akan naikin harga nya, kalo ini mungkin naik juga tapi ngga gede. Bisa jadi temen kamu koordinator bayaran itu orang yang ngelanjutin kontrak dari tenant sebelumnya, masalahnya si tenant sebelumnya ada gak ninggalin kontrak nya. Biasanya kalo ngga ada jadi rada susah mau bikin akses card dan sebagainya krn managemen biasanya minta surat kontrak nya/tenancy agreement.

        Saranku, cari tempat lain aja yang kontrak nya jelas, (kalo ada) atau jadi kepala rumah tangga.

  14. Putri

    Halo Mas, bulan depan saya akan ke KL untuk bekerja tapi untuk visa masih menunggu berkas dari kantor. Untuk visanya nanti saya yg urus ke Kedutaan Malaysia atau mereka langsung kasih saya permit dan urus langsung di KL? Lalu 2000 RM per bulan cukup ga ya untuk hidup disana (kantor saya di sekitar KL Sentral) sudah termasuk kamar, makan, dll? Terimakasih.

    1. Post
      Author
      Raffaell

      Hi Putri,

      Untuk kalkulasinya kamu coba lihat tabel saya, untuk visa seharusnya kamu nggak ngurus apa apa, karena perusahaan yang akan urus hal tersebut, kamu cuma perlu bawa passport.
      Biasanya ada 2 cara pas masuk malaysia.

      1. Kalau kamu ngga pernah ke malaysia, kamu diminta punya tiket balik (otomatis kamu bayar mahal flight tiket nya, tp ga papa as long company boleh claim nanti). Maka kamu masuk malaysia sebagai tourist dulu sebulan, dalam masa itu company akan urus visa kamu.

      2. Company udah urus visa kamu, dan seharusnya company sudah ada surat stage1, nah surat ini menunjukan kalau kamu sedang dalam proses pembuatan visa, sehingga kamu nggak perlu punya tiket balik pas ketemu imigrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *