Soal carpal tunnel syndrome (CTS)

Free Image Hosting at www.ImageShack.usJadi teringat sindrom ini pas aku wiken olah raga kemarin, karna aku ngerasa bersyukur ketemu olah raga yang pas, dan bisa menemukan olah raga yang cocok untuk orang IT, Sebagai seorang IT mungkin hidupnya akan sering berhadapan dengan komputer dan menggunakan peralatan yang ada di depanya seperti kibor, mouse dan monitor, 3 hal tersebut adalah suatu benda yang terus menerus kita pakai, terkadang kalau yang maniak ( seperti aku ini ) bisa lebih dari 12 jam memegang mouse daripada memegang benda lain, hmm berfikir seperti itu aku jadi inget dengan penyakit ini carpal tunnel syndrome (CTS), yaitu sebuah gangguan yang terjadi pada pergelangan tangan kita karna sirkulasi darah tidak berjalan dengan benar akhirnya banyak lemak yang menumpuk disana dan menyebab rasa sakit di sekitar pergelangan kita.

Carpal tunnel syndrome (CTS) Adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena terganggunya Saraf tengah karena tekanan yang terjadi pada bagian pergelangan tangan hal ini menimbulkan rasa sakit, nyeri dan melemahnya otot otot pada bagian pergelangan tangan.

Yup penyakit ini sifatnya akumulasi akan kita rasakan di hari tua nanti, hehehe, jadi menurutku ada baiknya kalo kita menjaga organ tubuh ini tetap sehat khusus nya menjaga pergelangan tangan dan organ organ yang sering kita pakai untuk kerja sehari hari, seperti mata dan tulang punggung, kalau menurutku olah raga yang paling cocok untuk para pekerja IT adalah Badminton dan Basket, karna olah raga tersebut menggunakan pergelangan tangan sebagai gerakan utamanya, memegang raket dan mengontrol bola basket membutuhkan pergelangan tangan yang kuat dan terlatih, otomatis relaksasi tangan pun jadi terbantu dengan olah raga ini, ini bukan kata dokter sih, cuman kataku aja waktu jebolan smu yang dapat pelajaran biologi.

Selain itu posisi kenyamanan dan bagaimana cara kita memegang mouse itu adalah hal yang penting kenyamanan beberapa hal yang perlu di perhatikan adalah:

Mouse Grip
Menggunakan mouse yang kecil mungkin terlihat imut imut bagi anda, tapi mouse yang kecil sering membuat kita lelah, karena bentuknya yang kecil seluruh permukaan telapak tangan kita tidak menyentuh punggung mouse hal ini menyebabkan jari jari kita cepat lelah dan pegal, karna jempol dan kelingking menahan dan menggerakan mouse, pilihlah mouse yang nyaman untuk di pegang, dimana seluruh permukaan tangan kita dapat memegang bersandar dan kita menggerakanya pun lebih mudah

Pergerakan Mouse dari siku
Memang kalau diterapkan ini sangat susah untuk kita tapi menggerakan mouse denga menggaunakan suku adalah baik untuk kita, dimana semua pergerakan di titik tumpukan melalui siku tangan kita, ini akan meringankan pergelangan tangan kita dalam bekerja.

Posisi Mouse yang optimal
aturlah tempat duduk anda senyaman mungkin untuk memegang mouse, bentuk posisi yang nyaman adalah tangan kita sejajar atau sedikit berada di atas meja posisinya daripada dengan mouse sehingga dengan begitu kita tidak menggantung tangan kita dengan meja dan menghindari tangan kita untuk menekuk secara terus menerus contoh posisi yang nyaman untuk bekerja dengan mouse dapat dilihat di site ini (Humanscale, Proformix, Flexrest, 3M)

Jaga pergelangan tangan anda
Coba anda letakan pergelangan tangan ada di sebuah meja yang datar, anda akan melihat setelah bagian telapak tangan anda di bagian pergelangan tangan akan anda temukan sebuah lekukan kecil yang tembus cahaya ataupun anda bisa selipkan sebuah pensil disitu, ini menyatakan bahwa areal sekitar pergelangan tangan anda membutuhkan sebuah areal yang bebas dari sentuhan ataupun tekanan.

Jaga sirkulasi peredaran darah
Hal ini perlu diperhatikan juga, segala sesuatu penyakin kebanyakan disebabkan karna sirkulasi di dalam tubuh kita tidak benar, untuk itu kita harus selalu menjaganya dengan minum air yang banyak dan olah raga (badminton, bola basket dan olah raga yang lebih banyak menggerakan pergelangan tangan) tentunya, seperti yang kita ketahui kita banyak nadi nadi utama yang bergerak dari pergelangan tangan sehingga ini menjadi semakin penting.

Jangan pakai Sandaran pergelangan tangan
Menggunakan sandaran untuk pergelangan tangan anda, apalagi yang keras, sama saja artinya anda memberi tekanan 2x lipat pada carpal tunnel di dalam pergelangan tangan anda sehingga ini menyebabkan terjadi penyempitan pada bagian pembuluh pembuluh darah maupun syaraf hingga dengan adanya ini malah bisa mempercepat anda terkena carpal tunnel syndrome (CTS).

Hindari pergerakan tangan yang tidak bebas
Biasanya kursi kursi yang terdapat rest arm nya memiliki karakteristik untuk meng lock tangan kita, sehingga hal ini menyebabkan kita akan lebih sering menggunakan pergelangan tangan kita untuk menggerakan mouse.

Refleksi
Menggunakan mouse dan pc secara intens memang bukanlah hal yang baik tapi ada baiknya jika anda melatih agar anda dapat memberi istirahat untuk tangan anda sekitar 2 menit untuk melakukan streching untuk tidak menyentuh mouse, ada juga software remindernya yang akan merekam penggunaan mouse dan kibor anda disini Magnitude ErgoManager, Break reminder

Bentuk mouse
Carilah mouse yang hampir berbentuk Flat dan memiliki ukuran yang hampir sama dengan tangan kita seperti mouse dari vendor ini Whale mouse atau Perfit mouse karena mouse ini lebih memacu anda untuk menggerakan tangan anda daripada pergelangan tangan anda.

Informasi lainya bisa anda dapatkan disini:

31 thoughts on “Soal carpal tunnel syndrome (CTS)”

  1. heee. aku pulang sekolah (sore) ampe malem di depan kompi, paginya dari bangun tidur ampe brangkat di depan kompi hehehehe
    tp ya ga terusterusan lah :D

  2. Wah mouse saya optik dan ga pake pad.
    Tapi intinya, fisik kita harus banyak gerak. Supaya terhindar dari CTS dan sindrome lain, saya biasa jalan² selang berapa menit sekali dan banyak minum air putih.

  3. iya nih pergelangan tanganku kapalan item-item gitu, tapi keren kaya orang sakit hehe…iya memang terasa sih kadang kalo dah cape banget pergelangan tangah bisa gemeteran sendiri ‘cem hape aja bisa geter ;))

    cuma gimana yah mau diistirahatin tangan malah mencari-cari klo jauh dari mouse berasa ada yang kurang :D

  4. wahhh baru denger penyakit kya gini,,
    klo aku c paling di depan kompi klo ngerjain tugas aja..
    tp tetep harus waspada..
    info yg berguna niy raf :)

  5. wah..makasih banyak infonya mas..
    Informatif banget..

    tapi walaupun saya bukan anak IT, saya juga suka mandangin layar komputer.. ^^v

  6. Haduh.. banyak bener penyakitnya computer geeks :(. Yang penting mah kita jangan berlebihan melakukan sesuatu. apapun itu bentuknya kalau berlebihan pasti jadinya penyakit. Dan saya yakin apapun itu bentuk, kalau kita olahraga asal teratur bisa koq menjaga kesehatan dan daya tahan kita. Cuman khan masalah terbesar penggemar dunia IT, mereka ngga pernah bsa menemukan waktu unutk olahraga :))

  7. komputer vie mousenya pake bantalan gambar mickey mouse loh..empuk ga cape selain itu kalo lg pegel mata bisa liad wajah mickey lg senyum..xixixi
    Raf…vie dah praktekin saran kamu tu, kalo lg kesel mending posting ke blog drpd marah2 ke org…xixixix..

  8. Good – good. thanks ya infornya masalahnya beberapa hari ini pergelangan tangan kiri saya agak nyeri dan lengan saya pun agak lemah lunglai karena yah seperti itulah. rata2 saya 10 jam di depan PC itu belum kalau ada sambian lain dirumah. btw thanks rasanya memang perlu hunting mouse yang beralaskan bantalan empuk.

  9. sepertinya aku mulai terkena CTS..

    pergelangan tangan mpe lengan ku rasanya sakit smua..

    biz di kantor ga ada mouse pad yg bwhnya ada bantalnya..

    jadi skit bgt..

    ampir kapalan nih..

  10. terima kasih, infonya bagus, saya sedang cari-cari info tentang CTS tapi jarang yang berbahasa indonesia dan lengkap
    saya ingin tahu lebih jauh tentang cts karena belakangan ini pergelangan saya sring ngrasa sakit apalagi kalau lagi main komputer

  11. aku sepertinya juga kena CTS nih . .
    Tolong yg bisa bantu, kirim email juga sangat dinanti loh. . . .

    Pekerjaanku menuntut aku seharina harus gka boleh jauh dari komputer,
    saat ini telunjuk jariku mati rasa juga seperti kesemutan, aku perhatikan baru sekitar seminggu belakangan ini . . .
    aku yakin itu karean aku salah posisi didalam pegang mouse.

    Tolong bagi yg bisa bantu, apakah aku harus konsumsi obat tertentu agar bisa mempercepat kesembuhan jariku tadi dan jgua bagaimana posisi pegang mouse yg benar selanjutnya ?

    Sangat ditunggu bagi yg mau bantu . .

    1. Kata guru saya di sekolah sih,,..
      ” jika seseorang sudah terkena gejala gejala yang menjerumus ke arah carpen tunnel syndrom ( CTS ), Otot pergelangan tangan harus di operasi ”
      itu sih kata guru saya di sekolah, tapi kalau yang sebenarnya sih saya tidak tahu,,
      jalan satu2nya ya cek ke dokter aja mas,,
      yang spesialis di bagian syaraf dan otot2,,
      yang biasa juga gak apa2..,

  12. @kapitan mungkin itu udah menjurus pada CST.langkah paling bijaksana adalah ke dokter untuk memeriksakan pergelngan tangan anda.CST bisa di sembuhkan melalui terapi jadi anda jangan khawatir.namun itu juga tergantung dari tingkat stadium CST anda. jika masih dalam taraf stadium 3 maka teraphy dapet di lakukan.namun jika sudah dalam tadium lanjut maka jalan satu-satunya adalah operasi. namun hal ini jarang terjadi pada usia muda. kebanyakan CST di usia muda dapat sembuh dengan teraphy.mudah-mudahan dapat membantu

  13. kebetulan sy mengalaminya 2x.yg pertama bln mei 2008 setelah melahirkn anak pertama.priksa k dkter syaraf dikasih obat vitamin dan pengurang rasa skt untk tulang tp yg dimunum hanya vitamin sj krn obat satunya kontraindikasi untuk busui(menurut saudaraku).CTS yg ke-2 sedang sy alami jg krn post partum anak ke-2.kalau skrg ini pengobatanya sy ikuti dg meminum smua obat dan fisiotherapi diangeti pake lampu sama disetrum.kebetulan krn sy tdk menyusui.dg minum obat dan fisioyherapi byk kemajuan yg tadinya stiap bangun tdr kadang tengah mlm terbangun skrg da berkurang krn rasanya telapak tangan terasa kaku,sakit digerakan tulang lengan kanan(2x CTS lengan kanan)rasanya crecep crecep seperti ditusuk-tusuk jarum.oh ya…pas priksa sm dktrny diajari olahraga caranya ke2 telapaktngan rapat lengan lurus didpn dada(kaya org semedi)bbrp mnt kmdn posisi msh sm hanya dibalik jd punggung tngny yg dirapatkan.lthn slnjutny k2 tngn lurus kedepan,telapak tngn menghdp kdpn/ditekuk k atas kmdn sebliknya.slnjutny posisi msh sperti semula hnya tngn mengepal kbwh stelah itu tanganya seperti meremas2 dilakukn sekuatnya brulang2 stiap hr.yg trakhr tangn dikipat2kn kdepn kbwh.sperti itu critaq mgkn brguna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>