Tips Jalan jalan ke Langkawi

Lebih kecil dari bali, lebih sepi

Lebih kecil dari bali, lebih sepi

Hehehe, ampir 2 minggu jebol hiatus ngga posting, soalnya dah lama ga jalan jalan, dulu tiap libur selalu ke terus, dan belanja macem macem akhirnya, sekarang pas ada sisa cuti taon kemaren kalo ngga di pake bakal gosong, yawda, kita tancap aja ke Langkawi.

Ngomongin soal geografis Langkawi, dia itu adalah salah satu pulau yang ada di deket yang ibukotanya Negri Kedah, make pesawat dari Kuala Lumpur akan menghabiskan waktu sekitar 45 menitan lah, total jadi 1 jam di tambah dengan nunggu dan lain lain, kalo aku bilang sih, daerahnya Mirip Bali, cuman lebih sepi aja, suasana pantainya keren, pasirnya masih putih, ombaknya kecil, dan tempat wisatanya ada banyaaak banget, yang bikin ngga cukup kalo maen kesini cuman 1 hari doang, selain itu, disini banyak sekali barang barang “duty free” alias bebas cukai, jadi barang barang kristal, kayak Pyrex, Visions, Corning Ware dan Luminarc harganya murah banget, oh ya coklat coklatan juga lebih murah harganya disini.

Jadi, aku mau bagi pengalaman nih, gimana caranya kesini….. biar asik.

Planning…

Yes, I am the man of plan, at least aku ngerencanain ini 3 bulan sebelumnya, sebelum aku memilih untuk wisata kesini, aku cari segala macam informasi yang bisa aku dapetin tentang Langkawi, terutama…..

  1. Tempat wisatanya apa aja ? karena ini akan memutuskan berapa lama kita akan tinggal stay liburan disini…
  2. Cari cari blog, artikel, tentang pengalaman orang orang yang udah liburan kesini.
  3. Sesuaikan budget.
  4. Tentukan tanggal maenya, dalam menentukan tanggal maen ini, jangan lupa, “HINDARI HARI LIBUR ANAK SEKOLAHAN MALAYSIA”, karena kalo pas lagi Libur nya mereka (ato yang disebut cuti sekolah) itu masuknya sebagai High Season / Peak Season, yang otomatis harga semua mua nya jadi DOBEL, sedangkan kalo hari biasa, walopun Wiken, no problemo…

Yes, setelah semuanya cocok, tempat wisatanya bagus, ada banyak berarti kita 4 harian aja disana, trus selain itu review tentang tempatnya juga lumayan oke, dan yang terakhir, budget mesti diatur…..

Beli tiket

Untuk urusan tiket, ada 3 penerbangan yang murah ke Langkawi, AirAsia, MAS, dan FireFly, rate yang paling murah FireFly, cuman kebetulan waktu itu karna mesen nya 3 bulan sebelumnya, pake AirAsia tiket PP + Bis nya dapet 150RM se orang.

Nah, setelah beli tiket, kan masih lama tuh 3 bulan lagi, persiapan untuk ngatur bujet juga ada napas dikit kan, hehehe.

Booking Hotel

Menjelang hari H, at least 1 bulan dari hari H nya, start untuk booking hotel, untuk urusan hotel di Langkawi, ada banyak jenis, kalo mau gampang, cari page agency, kalo aku kemaren booking lewat AGODA, web nya cukup lengkap, menggambarkan situasi dari Hotel yang kita book dengan tepat, selain itu ada review para pengunjung nya juga kalo kita mau booking hotel.

Hotel Boutique, luas besar, tapi bangunan lama

Hotel Boutique, luas besar, tapi bangunan lama

Kemaren aku booking hotel di Cenang Beach Boutique Resort, so far hotel kelas bintang 3 ini lumayan bagus lah, cuman dah rada tua aja bangunanya, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan kalo mau booking hotel.

  1. Jenis bangunan (baru / tua)
  2. Lokasi / tempat
  3. Ada sarapan (hehehe)

2 hal diatas penting banget untuk diperhatikan, karena, Jenis bangunan yang baru, pastinya semuanya dalam keadaan baru, AC, TV, tempat tidur dan lainya, kenapa Fasilitas hotel ngga ? ini akibat hotel yang aku book di Boutique resort, hotelnya sih bintang 3, fasilitas keren, gaya etnis, tapi bangunan nya dah tua, kadang beberapa peralatan elektronik dah uzur, walaupun masih bisa di pake, dan room nya yang GUEDE banget…. tapi itu jadi mengurangi kenyamanan aja, pas sampe sana, aku liat banyak banget budget hotel (yang notabene lebih murah) tapi bangunan nya baru baru semua, pastinya lebih enak disana.

Lokasi juga mesti strategis, artinya enak buat wisata kemana mana, jalan jalan dan jajan jajan gampang, waktu itu aku booking nya dekat pantai Cenang, yang merupakan salah satu pantai yang paling rame dari pantai manapun di Langkawi, selain pasir putihnya, ada banyak servis dan permainan adventure yang ditawarkan di sekitar pantai Cenang, cuman sayang nya ngga bisa menikmati sunset di pantai ini, karena terhalang ama 2 pulau, jadi pas sunset kita ngga bisa ngeliat matahari nya, hehehe.

Kalo soal sarapan sih, itu so pasti penting banget, soalnya mang mau masih meler meler keluar nyari makan, cape deh, hehe.

Rental Mobil

Di Langkawi, begitu sampe Airport banyak yang yang nawarin rental mobil, dan itu harganya juga lumayan murah, dari 50RM sampe 400RM per hari ada, yang perlu kita tunjukin cuman SIM doang, SIM Indonesia juga ngga papa, asal kita punya SIM dan bisa nyetir mobil kita bisa sewa mobil.

Sampe keluar di Langkawi airport, samperin tukang rental mobil, dan pilih mobil yang sesuai dengan budget kita, ingat, milih mobil disini sih aku bilang ga usah yang keren keren, yang murah aja gpp kecuali kalo mang ada duitnya buat rental mobil yang keren, trus jgn lupa “NAWAR” harus bisa nawar, kurangin harga, dan tawar aja jgn malu malu, ada banyak rentalan mobil disana, jadi mereka pasti kasih murah… Jadi tinggal bayar selama berapa hari kita disana, dan ntar pas keluar airport ada orang yang nganterin kita ke tempat parkiran langsung bawa mobilnya.

Waktu itu aku rental mobil, cuman pas tau sampe di hotel ternyata di areal sana banyak banget rentalan juga, yang seru bisa rental motor dan sepedah, wah sayang udah rental mobil, jadi yaa bagusnya sih naek taksi aja ke hotel trus rental mobil ato motor deh disana.

Begitu rental mobil, bensin dalam keadaan kosong, ga usah kemaruk ngisi full tank, 4 Hari aku muter muter 1 Langkawi cukup dengan bensin 30RM, dengan mobil proton Wira yang harian nya sekitar 50RM.

Setibanya di Langkawi.

Pastinya makan dulu, trus jalan jalan, trus pergi ke tempat tempat wisatanya deh, hehehe, ada beberapa tempat makan yang enak enak di sekitaran pantai Cenang, dari yang paling murah sampe yang paling mahal, dan kebetulan kita dah nyobain semuanya, hehehe diantaranya seperti.

  1. PutuMayo, resto yang terletak di pinggir jalan pantai Cenang  ini bole dibilang ok banget, karena ada berbagai makanan dari berbagai macam negara, termasuk Indonesia!, harga nya memang mahal tapi tetap worth walaupun sudah bayar mahal setelah makan disitu, kadang kalo kita dah makan, masakanya biasa aja, trus mahal suka empet kan, kalo di PutuMayo ngga deh, pelayan nya ramaah banget, dan ada wifi disana, selain itu masakan nya semuanya HALAL.
    Restoran Putu Mayo, Suasana romantis (katanya)

    Putu Mayo, Suasana romantis (katanya)

    Chicken Lemon dan Mango Duck ternyata enak

    Chicken Lemon dan Mango Duck ternyata enak

  2. Kampung Siam, Resto ini resto masakan Cina, tapi ada juga masakan seafood ama thai nya, Soal harga lebih murah dikit dari Putu Mayo, tapi jangan khawatir, abis makan disini perut nampol pasti, karna porsinya gila gila an, mungkin karna banyak bule, nasi goreng aja 1 kuali dikasihnya, wueleh, harganya juga biasa aja ga terlalu mahal, yang kita makan disana : Nasi Goreng Udang, Nasi Goreng nanas, Kangkung Belacan  dan Tiram tumis apa gitu, lupa…
  3. Difiqa, nah restoran ini paling simple, karna jual masakan Thailand, dan ikan bakar Ayam bakar, dan lainya, cuman resto ini rame nya pas Malem malem aja, banyak bule yang makan, selain itu ada TV layar lebarnya juga, pelayan nya sih so.. so.. tapi masakanya oke juga.
  4. Aroma Kafe, nah ini resto yang paling murah banget, kalo di Indo bisa dibilang kayak Warteg warteg di Bandung, tapi ngambil sendiri lauknya, menu nya enak enak, Udang nya gede gede, ikan nya juga gede gede, dan harganya yang murah banget jadi terkenal, pelayanan nya ya self service aja, jadi ngga ada ramah tamah gitu, yang ada zip zap zip zap aja, soalnya resto ini jam 3 sore aja dah tutup, dah abis makananya.

Nah, sekarang ngomongin wisata wisata yang ada di Langkawi nih, ada banyak banget, diantaranya adalah:

  1. Island Hopping, Disini kita nyewa kapal boat buat tour kecil ke mengunjungi pulau pulau kecil di Langkawi, harganya juga lumayan, tapi kalau kita cuman berdua, kita musti bisa nebeng, dengan yang lain kalo lagi tour juga jadi harganya murah banget.
  2. Water World, Water world ini harga tiketnya mayan mahal 38RM, sayang nya fauna laut nya ngga sekaya yang Indonesia kayak Sea World, jadi keliatanya so so banget, tapi kemarin pas keluar dari water world, aku ngunjungin supermarket di sebelahnya sebelah kirinya waterworld, disana dia nawarin tiket 25RM, Apes dah, harusnya dapet yang lebih murah.

    Kerenan SeaWorld sih kalo ngomong Fauna nya

    Kerenan SeaWorld sih kalo ngomong Fauna nya

  3. Dataran Lang, Ini cuman halaman yang besar aja, ada monumen burung elang, dan di depan pantainya jadi tempat mendarat yaht yaht keren, hehehe, biasanya suka ada event, ngasi makan burung elang disini, cuman kemaren pas siang bolong kesini, jadi ngga ngeliat yang gituan yang ada malah moto2 melulu.
    Gede juga monumen nya, di depan nya pantai luas

    Gede juga monumen nya, di depan nya pantai luas

    Narsis dulu

    Narsis dulu

    Di halaman nya

    Di halaman nya

  4. Crocodile Farm, disana juga ada Ladang Buaya, ada berbagai macam jenis buaya, disana, sayang aku gak sempet kesana padahal dah lewat sih, cuman ujan deras waktu itu, yah jadi sama aja deh…
  5. Snake Sanctuary, Ini juga sama kaya buaya, Ulernya banyaak banget.
  6. Cave Tour, Cave tour ini keren nih, kita nyewa boat rame rame trus nanti kita jalan jalan ke pulau pulau yang ada gua nya, ada banyak gua gua ternyata di pulau sini, jadi buat pengalaman seru.
  7. Mat Cincang Mountain, ini juga seru dan menantang nih jalan jalan kesini, kita naik ke atas gunung yang tinggi sekitar 750m dari permukaan laut, dengan bantuan cable car, sampe atas kita bisa liat pemandangan seru, selain itu kita bisa melakukan mini hiking, karna sampe puncak kita bisa nyebrang jalan jalan ke gunung sebelahnya dengan bantuan jembatan gantung.
    Dalam Cable Car, ngeri, tapi orang Eropa cuek aja

    Dalam Cable Car, ngeri, tapi orang Eropa cuek aja

    Sesampainya di atas

    Sesampainya di atas

    Pemandangan nya jadi begini

    Pemandangan nya jadi begini

  8. Pulau Dayang Bunting, Pulau ini kalo keliatan dari samping seperti ibu ibu hamil, jadi kita mesti pake boat kalo mau kesana, di tengah tengah pulau tersebut ada danau juga.
  9. Telaga 7, Deket gunung mat cincang ini ada Air terjun juga, kita bisa liat kesana ato dari atas gunung waterfall nya bisa keliatan.

Yang lainya yang seru.

  1. Snorkeling, nah jangan kawatir, peralatanya bisa di sewa kok disini dan pastinya murah.
  2. Yaht Tour, nah ini kita jalan jalan pake Yaht, saat sunset, trus dinner deh, selain itu kita bisa Jacuzzi di laut.
  3. Fishing, Kalo ada yang mau iseng iseng mancing, hehehe.
  4. Other stuff kaya, parasut, naek speed boat, dan banana boat juga ada, seru dan rame….

New Update 28-Mar-2011

Agoda sudah buka di Indonesia, mungkin akan lebih enak akses dan pesan pesan hotel, khususnya ke langkawi. Boleh mampir ke website agoda Indonesia di http://www.agoda.web.id/

54 thoughts on “Tips Jalan jalan ke Langkawi”

  1. review nya detail bgt om.
    foto2nya bikin iri.
    makanannya bikin ngiler.
    hotelnya lumayan oke.
    objek wisatanya cukup oke.
    tp tetep beragam di Indonesia kayaknya.*nasionalis mode 0n”

  2. Biasanya kalau bangunan hotelnya tua, kamarnya besar2 plus jendelanya juga besar (biasanya langit2nya tinggi) pasti peninggalan zaman ratu Victoria kolonial huehehehe……

    Wah udangnya gede2 udang langoustine (scampi) atau lobster nih??? Jadi pengin makan lobster….. :D

  3. Infonya berguna banget lokh mas.. kita ngisi bensin cuman 15 ringgit aja itupun nyisa buanyak.. oiya, tempat makan seafood yang enak banget juga bisa di orkid, pantai chenang.. kailannya dan fried fishnya mantab!

  4. Raff, kalo liat foto-fotonya keknya tempatnya oke tuh…
    btw gw mo tanya, peak season di malaysia tuh kapan ajah ya? Kalo misal gw kesana bulan september setelah lebaran, rame gak tuh? Thanks ya sebelumnya…

    1. Ded..

      Iya bagus banget tuh, peak season itu biasanya pas libur anak sekolahan di Malaysia. hehehe, caranya cek aja di google, kalender llibur malaysia.

  5. n kalo mau snorrkling sewa alatnya berapa bro biar kaga ketipu ane [pas sampe sono.snorkling dari pantai mana bro??abis itu naek cable car brp rm tahnks for infonya bro btw next week i wiil go to langkawi sekali lagi thanks

  6. hye…Terima kasih kerana memberi panduan ke langkawi, langkawi Geopark bandaraya bersejarah.. segalanya ada disini….
    yana @ langkawi, malaysia

  7. maksih infonya, rencananya september ini mo ke sana tapi klo nik flierfly airportnya dimnaya?? you are very helpfull

    1. Engga om, liburnya bulan November-December, tapi kalau tahun ini kayanya pas lebaran kan tuh ya, pasti rada mahal om hehe. Kenapa saya tau soalnya saya kuliah ngga jauh dari pulau ini, eh ya kalo ada waktu monggo om bisa jalan2 ke Thailand juga loh, deket banget dari situ :)

  8. kalo sewa mobil disana…. jalan2nya liat map atau gimana yah??? agak ngeri mau sewa mobil sendiri… takut nyasar di Langkawi…..

  9. Mas, salam kenal. Sy aris – jakpus. Saya ada rencana ke Langkawi September tahun depan. Kebtulan ada promoa free seats air asia bulan ini. Jika berkenan, ada beberapa hal yg ingin sy tanyakan.

    1. Untuk liburan 1,5 hari di langkawi, kira-kira obyek wisata terbaik apa saja yg bs dikunjungi selain Langkawi cable car? Berapa lama waktu jk harus mengelilingi pulau/gua?

    2. Transport dr Bandara ke Penginapan (rencana menginap di pantai Cenang) dengan taksi kena berapa RM? mas bilang ada penginapan bangunan baru, tp murah juga, bisa disebutkan nama, t4 dan harganya?

    3. Sewa motor per hari berapa? sewa mobil per hari berapa? dan apakah ke Langkawi cable car bisa naik motor (maksudnya menuju ke loketnya)

    4. Tempat beli oleh2 khas Langkawi dimana? namanya apa? termasuk beli brg2 bebas bea cukai

    Mf jika banyak pertanyaannya hehe.

    Mohon bantuannya ya mas…

    Terimakasih….

  10. Hallo salam kenal.
    Kami dari Bandung lk 18 person (8 anak2, 10 dewasa) rencana lebaran tgl 27/08/11 mau ke langkawi, dah booking bdg-kl-lkwi. selama 5 hari. Mohon informasinya kalo ke pulau payar atau pulau lain yg bisa snorkling pake boot atau pelrahu layar via online dimana? apakah ada rute dari langkawi ke phuket atau krabi by boot ? berapa lama dna biayanya berapa?tks
    andreas

  11. asik kayanya yah ke langkawi..hmmm jadi pengen kesana juga deh..nabung dulu…hehe btw habis berapa duit selama 4 hari disana mas?

  12. salam kenal mas,
    sy mau nanya tujuan ke langkawi dr jakarta,tidak bs langsung khn?harus Jkt-KL,then KL – Langkawi.Liburan anak sekolah Malaysia,jatuh di bulan apa ya?
    thanks

  13. saya lama tinggal dilangkawi, dulu nginepnya di Sherwood Langkawi Boutique Resort Hotel dan betah juga sampai nggak terasa tinggal disitu 2 tahun, kalo ada yang mau tor kesana dan perlu pemandu boleh hubungi saya nanti saya bantu deh selama tour disana.

  14. haaii..blog-nya bagus buat panduan jalan2, Insya Alloh, Oktober ini saya ada rencana ke Langkawi dari Satun, Thailand. Bagaimana kehidupan malam disana? saya sampai kira2 setelah Maghrib, adakah objek wisata untuk malam hari? Terimakasih

  15. kalo nyetir dari bandara ke penginapan apa ada panduannya? semacam peta gitu..takut nyasar aja sih…apa orang malaysia disana cukup ramah untuk ditanyai jalan?

  16. mas,,,
    kira kira brapa buget buat kesana selama 4 hari itu,,, bisa naik kapal laut gak ???
    brapa lama
    kalo dari singapur naiknya di dermaga mana ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>